PR (Biopori)

Kamis, 31 Maret 2011
Assalammu'alaikum......
hallo dunia, hmmmmmmmmmmmmmmmmmmm....
kayaknya udah lama yak blog ini gak disiram (tanaman kaliiiii) haha. hehe, iya nih temen-temen, beberapa hari terakhir ini aku banyak PR dari guru, hahah biasalah namanya juga pelajar alias student, ya dapet PR. haha, tau PR gak ??? jangan-jangan gak tau lagi PR singkatan dari apa. hiiiihhh keterlaluan gak tau mah !!! PR itu singkatan dari Pekerjaan Rumah. jangan salah ngartiin dulu, maksudnya pekerjaan rumah disini, ya berarti PR buat para siswa. hehe, enaknya kita bahas apa yahhhhhhhh ???? (ayo berpikir)

yes, udah ketemu. pada kesempatan ini kita bakalan ngebahas tentang BIOPORI. did you know BIOPORI ???
tau ? gak tau ???....
hmmmmm, pasti ada yang udah tau, mungkin juga ada yang belum tau. nah, makanya yok kita sama-sama belajar tentang biopori dan manfaatnya untuk kehidupan kita........


 Biopori adalah lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme dalam tanah seperti cacing atau pergerakan akar-akar dalam tanah. Lubang tersebut akan berisi udara dan menjadi jalur mengalirnya air. Jadi air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air, tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut.

Adapun manfaat dari lubang biopori yaitu :
1. tempat pembuangan sampah organik. contoh : daun yang berguguran atau sampah sayuran
2. dapat menyuburkan tanaman. karena sampah organik yang kita masukkan pada lubang biopori bisa menjadi  pupuk kompos untuk tanaman disekitarnya
3. mencegah banjir. karena air hujan yang turun meresap kedalam lubang biopori yang telah dibuat
4. Alternatif pupuk. dengan pupuk kompos hasil dari lubang biopori, setidaknya telah mengurangi biaya yang biasa digunakan untuk membeli pupuk buatan.

  


            nahhh, udah tau kan manfaat dari lubang biopori ???
selamat mencoba yah ^_^




0 komentar: