Ayo Membaca !!!

Selasa, 12 April 2011

Ayo Membaca !!!
            Ayo membaca !!!

Ajakan ini pasti sudah tak asing lagi bukan untuk teman-teman semua ? so, gimana reaksinya nih setelah sekian kalinya mendengar ajakan seperti ini ? apakah ada perubahan atau biasa-biasa saja ??? hmmmm, tentu jawabannya beragam. Ada yang langsung antusias bahkan ada juga yang datar banget dan bersikap biasa-biasa saja. Yahhh, itu wajarlah. Setiap orang kan berbeda seleranya (mulai deh )

Hihi. Mulai aja yuk, menurut teman-teman semua, membaca itu apa sih ? dan apa manfaat bagi orang-orang yang sering membaca dan sebaliknya ???

Secara umum, membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi yang ditulis. Misalnya membaca berita di Koran, majalah, buku, artikel di internet dan lain sebagainya.

Dr. Aidh bin Abdullah al-Qarni, dalam bukunya, “La Tahzan” mengungkapkan tentang banyaknya manfaat membaca, yaitu di antaranya sebagai berikut:
  1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
  3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
  4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
  8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
  10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).
Gimana-gimana ? keren kaaannnnn manfaat yang kita dapatkan dari membaca???

Sebagian orang, membaca adalah hobi yang mengasyikan sekaligus menguntungkan. Kenapa ? jelas sekali dari membaca kita banyak menerima informasi yang tidak hanya informasi lokal, melainkan informasi secara global. Bahkan ada pepatah mengatakan “membaca adalah jendela dunia”. Apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, mudah sekali untuk mengakses informasi secara online dan 24 jam non stop. Membaca bukan berarti harus berupa berita, bisa juga seperti membaca novel, komik dan lain sebagainya. Dengan demikian, kita akan lebih memiliki banyak kosakata yang sebelumnya kita tidak tahu. Menguntungkan bukan ?

 So, tunggu apalagi. Yuk kita tingkatkan budaya membaca untuk menambah wawasan. Jangan sampai kita ketinggalan banyak informasi.


0 komentar: