Tips Berpidato Pada Khalayak Umum

Selasa, 03 Mei 2011

Hello teman-teman semua

Apa kabar ???

Semoga dalam keadaan yang baik. Amin. Hehe, langsung aja yah. Senin (2/5) dikelasku nih ada tugas pidato bahasa Indonesia. Setiap siswa diwajibkan membuat pidato dan membawakannya didepan kelas. Nah, ada seorang siswa yang berpidato mengenai tips berpidato pada khalayak umum. Menurutku ini pidato yang menarik, karena setiap orang tentu pernah dan akan berpidato atau berbicara didepan banyak orang yang tentunya bukan hal yang mudah bagi orang-orang yang belum terbiasa berbicara didepan orang banyak. Adapun tips-tipsnya, yaitu :


1. Pemilihan Tema yang Tepat

Pemilihan tema dalam berpidato sangatlah berpengaruh bagi kelangsungan pidato yang akan dibawakan. Jika tema pidato tidak sesuai dengan kondisi pendengar atau audience, dikhawatirkan pidato akan terasa membosankan dan tidak menarik untuk pendengar yang hadir. Oleh karena itu, pemilihan tema yang tepat sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan pidato yang akan dibawakan.


2. Penekanan atau Intonasi

Penekanan atau intonasi dalam berpidato juga merupakan hal yang perlu diperhatikan pada saat berpidato. Penekanan atau intonasi adalah tekanan tinggi rendahnya suara. Pada saat berpidato, intonasi harus diperhatikan agar pidato yang dibawakan tidak terkesan monoton dan datar sehingga pendengar atau audience merasa bosan.


3. Kontak Mata dengan Pendengar atau Audience

Kontak mata dengan pendengar atau audience dapat berpengaruh pada saat berpidato. Ketika kita tidak melakukan kontak mata dengan pendengar, dikhawatirkan pendengar tidak memperhatikan kita yang sedang berpidato. Oleh karena itu, kontak mata dengan pendengar atau audience juga perlu diperhatikan agar pada saat kita berpidato, setidaknya para pendengar atau audience memperhatikan kita karena merasa diperhatikan oleh kita melalui kontak mata.


4. Efisiensi Waktu

Efiensiensi waktu dalam berpidato juga harus diperhatikan. Karena jika kita berpidato terlalu lama, dikhawatirkan para pendengar atau audience akan merasa bosan karena kita terlalu lama dalam berpidato. Oleh karena iu, efisiensi dalam berpidato harus diperhatikan agar pidato yang kita bawakan tidak membuat pendengar atau audience merasa bosan.

0 komentar: